Cara Menghitung Konsumsi Bensin Kendaraan Bermotor Anda

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di artikel cara menghitung konsumsi bensin kendaraan bermotor anda.
cara+hitung+konsumsi+kendaraan+bermotor+anda


Sebelumnya saya berterimakasih kepada sobat sobat semua, yang udah mengunjungi halaman 'Cara menghitung konsusmsi bensin kendaraan bermotor anda'. Rata-rata masyarakat Indonesia pasti menggunakan kendaraan bermotor sebagai transportasi karena dapat cepat sampai ke tujuan, bahkan lebih dari setengah populasi masyarakat Indonesia telah memiliki kendaraan bermotor pribadi meski ada yang nyicil, termasuk saya hehe.. 

Mungkin di zaman sekarang kendaraan bermotor itu sudah jadi kebutuhan sekunder bukan tersier lagi. Karena hampir menjadi kebutuhan yang lumayan penting. Tapi ternyata ada yang lebih penting lagi dari kita berkendara kendaraan bermotor, yaitu bahan bakarnya. Yups, namanya juga kendaraan bermotor pasti butuh bahan bakar untuk menjalankan mesin/motornya. Dan yang perlu diingat, bahan bakar yang biasa kita pakai sebagai penggerak kendaraan kita ternyata jumlahnya terbatas loh sobat. Jadi saran saya berhemat lah dalam berkendara, hehe.. 

Nah sekarang bagaimana kita tahu kalau kendaraan yang biasa kita pakai itu hemat atau tidak dalam konsumsi bahan bakarnya? Disini saya akan sedikit membahas bagaimana cara menghitung konsumsi bensin kendaraan bermotor anda. Dan ini berlaku bagi semua tipe kendaraan bermotor tanpa teknologi hybrid yah. Soalnya kendaraan dengan teknologi hybrid berbeda perhitungannya tergantung dari jenis kendaraannya menggunakan teknologi hybrid seperti apa, karena saya juga kurang paham tentang teknologi hybrid hehe..

Berikut step by step Cara Menghitung Konsumsi Bensin Kendaraan Bermotor Anda :

1. Persiapkan kendaraan bermotor yang anda miliki (kalau gak punya, pinjem juga boleh, hehe)
2. Pastikan tanki bensin kendaraan bermotor anda dalam keadaan full tank (penuh) kalo perlu sampe luber.
3. Catat odometer kendaraan anda sebelum berkendara, (misalkan pada saat tanki full sebelum anda berkendara odometer anda pada '000100') Jika kendaraannya memiliki tripmeter, default kan tripmeternya.
4. Mulailah berkendara dengan aman, usahakan berkendara dengan kecepatan konstan jangan terlalu banyak gas atau sesuaikan RPM dan kecepatan anda.
5. Jarak berkendara kalau bisa lebih dari 60 Km, berkeliling kota pada saat jalan lengang atau tidak macet.
6. Setelah mencapai 60 Km atau lebih, cari lagi Pom Bensin dan isi kembali tanki bensin anda sampai full, lalu catat berapa liter bensin yang masuk sampai keadaan full tank kembali (misal 3,5 liter) Jika kendaraannya memiliki tripmeter, cek saja tripmeternya.
7. Ingat sebelum anda isi tangki bensin tersebut, catat kembali odometer kendaraan anda tersebut (misal 000165) Jika dihitung selisih dari sebelum berkendara berarti anda telah menempuh jarak 65 Km.

Ok sampai disini istirahat dulu sejenak atau anda bisa pulang terlebih dahulu supaya menghitung dengan rumusnya tidak pusing hehe..

Saatnya menghitung sobat...


Dik :
Jarak Tempuh = 65 km
Konsumsi bensi = 3,5 liter

Dit : konsumsi bensin per liter?

Jawab :
Jarak tempuh : Konsumsi bensin = konsumsi per liter
65 : 3,5 = 18,57

Yups didapat berarti kendaraan bermotor tersebut mengkonsumsi 18,57 liter bensin dalam 1 km perjalanan.

Silahkan coba pada kendaraan bermotor anda semua ya sobat. Lihatlah apakah kendaraan anda irit atau boros? kalau boros segera ganti kendaraan anda dengan yang lebih irit hehe.. supaya anak cucu kita masih bisa menggunakan bahan bakar untuk kendaraan bermotornya.

Nb :
Mobil irit itu dengan konsumsi lebih dari 15km/liter
Motor irit itu dengan konsumsi lebih dari 30km/liter

Jika bermanfaat share yah guys artikel cara menghitung konsumsi bensin kendaraan bermotor anda.. thanks..

Comments

Popular posts from this blog

Masjid Raya Asmaul Husna Gading Serpong

Software Pendukung Untuk Belajar Pemrograman Java

Hunting Foto di Taman Bunga Nusantara